Analisis Sosial Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Anak Di SDN Kamunti
Keywords:
Analisis sosial, Gedget, Perkembangan AnakAbstract
Gadget merupakan sebuah perangkat untuk ruang semua bisa memanfatkan, bermain game,nonton video dan hal itu di lakukan oleh anak-anak pada usia 2-3 tahun sudah bisa bermain handphone, apalagi anak di usia 13 tahun mereka sudah bisa bermain aplikasi slot, game online. Maka dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, metode yang di gunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini merupakan aktifitas menguntungkan tetapi merugikan, anak-anak yang bermain slot tentu di kalangan SMA dan SMP. Hal tersebut akan mempengaruhi pola pikir anak di usia dini,. Klaster anak Paud dan SD sudah menguasi teknologi, mereka sudah bisa membuka youtuber, membuka pola handphone
References
Dindin Syahyudin. (2019) Pengaruh Gadget Terhadap Pola Interaksi Sosial Dan
Komunikasi Siswa. Jurnal Kehumasan, Vol 2, No 1.
Eka Damayanti,dkk. (2020). Dampak Negatif Penggunaan Gadget Berdasarkan Aspek
Perkembangan Anak. Jurnal Perempuan dan Anak, Vol 4, No 1.
Fatmaridha Sabani. (2019). Perkembangan Anak-anak Selama Masa Sekolah Dasar (6-7
Tahun). Jurnal Kependidikan, Vol 8, No 2.
Junierissa Marpaung. (2018) Pengaruh Penggunaan Gadget Dalam Kehidupan”. Jurnal
Kopasta, Vol 5, No 2.
Maleong, Lexy J, 1997. Metode Penelitian Kualitatif, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung
Puji Asmaul Chusna. 2017. Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter
Anak”. Jurnal Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan, Vol
, No 2.
Salim, Agus. (2001). Teori dan Paradigma Penelitian Sosial. Tiara Wacana: Yogyakarta.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Umi Latifah. “Aspek Perkembangan pada Anak Sekolah Dasar: Masalah dan
Perkembangannya”. Academica, Vol 1, No 2 (2017) ,190.
Zuli Dwi Rahmawati. (2020) Penggunaan Gadget Dalam Aktivitas Belajar Dan
Pengaruhnya Terhadap Perilaku Anak”. Jurnal Studi Pendidikan Islam, Vol 3,
No 1.



