Peningkatan Hasil Belajar IPAS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Siswa Kelas IV SDN 21 Manggelewa

Authors

  • Suradin STKIP Al Amin ompu
  • Rizka Awaluddin STKIP Al Amin Dompu
  • Aidin STKIP Al Amin Dompu

Keywords:

Model Pembelajaran kooperatif, Make a Match, Penelitian Tindakan Kelas, Hasil Belajar IPAS

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada hasil observasi yang dilakukan penulis di kelas IV SDN 21 Manggelewa yang menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran yang diterapkan di sekolah tersebut belum menggunakan model pembelajaran inovasi yang memanfaatkan media pembelajaran sehingga mengakibatkan siswa pasif, kurang bersemangat dan menganggap bahwa mata pelajaran IPAS adalah pelajaran yang sulit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dapat hasil belajar IPAS siswa kelas IV SDN 21 Manggelewa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di kelas IV SDN 21 Manggelewa yang terdiri dari 29 siswa pada mata pelajaran IPAS dengan menggunakan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Dari hasil analisis data dapat dilihat dari nilai rata-rata prasiklus yaitu dengan ketuntasan belajar 37,93%. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata dengan ketuntasan belajar 51,72%. Dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata dengan ketuntasan belajar 89,65%. Dengan demikian terjawab hipotesis tindakan dalam penelitian yang telah dilakukan bahwa penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV di SDN 21 Manggelewa tahun ajaran 2023/2024.

References

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Fauhah, H., & Rosy, B. 2021. Analisis model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 321-334.

Harefa, D. 2020. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Pembelajaran Kooperatif Make A Match Pada Aplikasi Jarak Dan Perpindahan. Geography: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 8(1), 01-18.

Hasanah, Z., & Himami, A. S. 2021. Model pembelajaran kooperatif dalam menumbuhkan keaktifan belajar siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 1-13.

Meldina, T., Melinedri, M., Agustin, A., & Harahap, S. H. 2020. Integrasi Pembelajaran IPS pada Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 15-26.

Paizaluddin, dan Ermalinda. 2013. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Resarch). Bandung: Alfabeta.

Ramadhani, M. I. 2021. Peningkatan Hasil Belajar IPS menggunakan Model Pembelajaran Make A Match pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2237-2244.

Rusman. 2014. Model-model pembelajaran: Mengembangkan profesionalisme guru. Rajawali Pers/PT Raja Grafindo Persada.

Susanto, H. A. 2015. Pemahaman pemecahan masalah berdasar gaya kognitif. Deepublish.

Trianto, I. B., & Ibnu, B. 2014. Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Published

2024-09-30

How to Cite

Suradin, Awaluddin, R., & Aidin. (2024). Peningkatan Hasil Belajar IPAS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Siswa Kelas IV SDN 21 Manggelewa. JPSL : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Lingkungan, 3(1), 1–14. Retrieved from https://jurnal.stkip-al-amin-dompu.ac.id/index.php/jpsl/article/view/45