Fenomena Kenakalan Siswa Dan Altenatif Penanggulangan Dalam Proses Belajar Mengajar di SMP Negeri 7 IT Kelurahan Kandai Satu

Authors

  • Aidin STKIP Al Amin Dompu
  • Baharudin STKIP Al Amin Dompu
  • Rizka Awaluddin STKIP Al Amin Dompu

Keywords:

Fenomena, Kenakalan Siswa, Belajar

Abstract

Fenomena kenakalan siswa di SMP Negeri 7 IT Kelurahan Kandai Satu. Secara teoritis penelitian ini merupakan sumbangan pemikiran penulis dalam mengembangkan teori-teori yang telah penulis dapatkan selama kuliah dan secara praktis penulis harapkan karya tulis ini dapat bermanfaat bagi pembacanya, khususnya bagi guru maupun orang tua dalam menanggulangi kenakalan siswa. Hasil penelitian bahwa fenomena kenakalan siswa di SMP IT terdapat pelanggaran tata tertib sekolah, seperti tidak memasukkan baju, membolos, merokok, dan menyemir rambut. Sedangkan faktor-faktor yang menyebabkan kenakalan siswa adalah factor pribadi dan sekolah. Alternatif penanggulangan kenakalan siswa dapat ditempuh dengan beberapa langkah diantaranya siswa memerlukan bantuan orang lain yang dianggap lebih mampu dalam hal ini adalah guru Bimbingan konseling. Pihak sekolah dalam menanggulangi kenakalan siswa dengan dimaksimalkan secara penuh dalam artian fungsi guru tidak hanya sebagai pengajar saja tetapi juga memberikan pengawasan terhadap siswa selama kegiatan belajar mengajar berlangsung,  juga kesadaran tata tertib sekolah ditanamkan pada siswa. Pihak sekolah juga menjalin hubungan dengan masyarakat khususnya yang memiliki anak yang cenderung menyimpang.

 

References

Dadan Sumarai, Sahadi Humaedi, M. B. S. (2017). Kenakalan remaja dan penanganannya,4.

Fitri Tiara, R. (2023). Upaya Guru Kelas Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa Kelas V Di Sdn Purbayan 01 Tahun Pelajaran 2022/2023.

Lexi J. Moleong 2002).Metologi Penelitian Kualitatif.Bandung : PT. Remaja Rosda karya.

Pinastika, F. D. P. (2016). Kebijakan Sekolah Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa Di SMK.

Suhardi. (2010). Faktor Penyebab Kenakalan Siswa dan Upaya Megatasinya di Madrasah Tsanawiyah Bolaromang. 73.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D,Cet.16, Bandung: Alfabeta.

Triwiyarto, U. (2014). Studi kasus tentang penyebab kenakalan remaja. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 7(2), 107–115.

Published

2024-03-31

How to Cite

Aidin, Baharudin, & Awaluddin, R. (2024). Fenomena Kenakalan Siswa Dan Altenatif Penanggulangan Dalam Proses Belajar Mengajar di SMP Negeri 7 IT Kelurahan Kandai Satu. JPSL : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Lingkungan, 2(2), 8–15. Retrieved from https://jurnal.stkip-al-amin-dompu.ac.id/index.php/jpsl/article/view/31