Memaksimalkan Penggunaan Model Pembelajaran System Approach For Education (Safe) dan Model Pembelajaran Hamreus dalam Memberbaiki Keadaan Psikis dan Karakter Peserta Didik Kelas x SMKN 1 Sanggar
Ardiansyah Bima
Keywords:
Perangkat Pembelajaran , SETS, Direct InstructionAbstract
Pembelajaran Pembiakan Tanaman di SMKN 1 SANGGAR terkait kompetensi Keahlian ATPH belum menerapkan visi Science, Environment, Technology and Society (SETS), juga belum menerapkan pembelajaran langsung (direct instruction). Penelitian ini bertujuan menguji validitas, pengaruh hasil belajar dan keefektivan perangkat pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Uji coba skala besar dilakukan pada kelas eksperimen dan kontrol dengan masing-masing 30 peserta didik. Desain penelitian uji coba skala besar menggunakanPretest-postest Control Group Design.Produk perangkat yang dikembangkan berupa silabus, RPP, bahan ajar, LKPD dan soal evaluasi. Dari hasil penelitian dan pengembangan diperoleh perangkat pembelajaran sangat valid dan sangat efektif untuk digunakan karena sesuai hasil validasi dari pakar dan hasil belajar peserta didik pada aspek kognitif, afektif dan psikomotorik mencapai ketuntasan KKM 70. Secara klasikal 97% (29 peserta didik yang tuntas), nilai N-gain 0,5 kategori sedang, dan hasil uji thitung lebih besar dari pada nilai ttabel (5,64 > 2,00) pada taraf signifikasi α = 0,05 berarti hipotesis diterima. Tanggapan positif peserta didik dan guru menyatakan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan sangat praktis dan sangat efektif untuk digunakan. Dari informasi dan analisis data bahwa perangkat pembelajaran bervisi SETS Biologi melalui direct insturuction berbasis pemecahan masalah terkait kompetensi pencemaran lingkungan dapat disimpulkan sangat efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada aspek Kognitif, Afektif dan Psikomotorik.
References
Amri dan Sofan. 2013.Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Prestasi Pustaka: Jakarta
Bima, A. (2022). a Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis SETS Melalui Direct Instruction Berbasis Pemecahan Masalah Terkait Kompetensi Agribisnis tanaman pangan dan holtikultura: ardiansyah. JPSL: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Lingkungan, 1(1), 13-23.
Binadja. 2006. Integrasi Visi SETS dalam Pengembangan Kurikulum, Implikasi dan Implementasinya. Makalah. Disajikan pada seminar workshop puskur. Puskur depdiknas, jakarta 7 – 9 Maret 2006
Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profersionalisme Guru Edisi Kedua. Jakarta: PT Grafindo Persada.
--------------------Pembiakan Tanaman K13” Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan kementrian pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia
Trianto. 2009.Mendesain model pembelajaran inovasi-progresif. Jakarta : Kencana Prenada Group
Yamin Martinis. 2013. Trategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: GP Press Group.



